Berbagai perantara pemasaran digunakan dalam mentransfer produk dari tangan produsen ke konsumen akhir atau pengguna industri. Perantara pemasaran ini membawa nama alternatif seperti grosir, distributor, pengecer, dealer waralaba, jobbers, dealer resmi dan agen. Perantara pemasaran seperti itu membahayakan saluran distribusi. Saluran distribusi ini meminimalkan kesenjangan antara titik produksi dan titik konsumsi, dan dengan demikian menciptakan utilitas tempat, waktu dan kepemilikan.
Peran dan Signifikansi/Pentingnya Saluran Distribusi
Saluran Distribusi memainkan peran penting dalam keberhasilan distribusi dan pemasaran semua produk . Mereka memiliki berbagai kontak, keahlian dan pengetahuan yang lebih luas tentang produk. Pasar yang berkembang pesat dan meningkatnya kompleksitas distribusi telah meningkatkan permintaan dan kebutuhan saluran distribusi.
Peran saluran distribusi dapat diringkas sebagai berikut:
- Saluran distribusi menawarkan keahlian menjual: Saluran distribusi menawarkan peran penting dari agen penjualan. Mereka membantu dalam menciptakan produk baru di pasar. Mereka berspesialisasi dalam penjualan dan promosi produk dari mulut ke mulut. Mereka menjamin layanan pra-penjualan dan pasca-penjualan kepada konsumen. Karena saluran ini berhubungan langsung dan teratur dengan konsumen, mereka melakukan penjualan dengan sangat baik dan pada saat yang sama memberikan umpan balik yang benar dan berharga kepada produsen.
- Saluran distribusi meningkatkan efisiensi distribusi: Saluran perantara memudahkan proses penjualan karena berhubungan langsung dengan pelanggan. Mereka mempersempit kesenjangan antara produsen dan konsumen baik secara ekonomis dan efisien. Perantara ini mengurangi jumlah transaksi yang terlibat dalam membuat produk tersedia dari produsen ke konsumen. Misalnya, ada empat produsen yang menargetkan menjual produknya ke empat pelanggan. Jika tidak ada saluran distribusi yang terlibat, maka akan ada enam belas transaksi yang terlibat. Tetapi jika produsen menggunakan saluran distribusi, maka jumlah transaksi yang terlibat akan berkurang menjadi delapan ( empat dari produsen ke perantara dan empat dari perantara ke pelanggan), dan dengan demikian biaya dan upaya transportasi juga akan berkurang.
- Saluran-saluran tersebut menawarkan produk dalam berbagai pilihan yang diperlukan: Sama seperti produsen yang memiliki keahlian dalam memproduksi produk, perantara juga memiliki keahlian mereka sendiri. Pedagang grosir mengkhususkan diri dalam memindahkan dan mentransfer produk dari berbagai produsen ke pengecer dalam jumlah yang lebih besar. Demikian pula, pengecer memiliki keahlian dalam menjual berbagai macam barang dalam jumlah yang lebih sedikit kepada lebih banyak pelanggan akhir. Karena adanya saluran distribusi (grosir dan pengecer), konsumen dapat membeli produk yang dibutuhkan pada waktu yang tepat dari toko yang berlokasi strategis (secara geografis lebih dekat) daripada memesan dari pabrik yang berlokasi jauh. Dengan demikian, perantara ini memecahkan sebagian besar dan memenuhi jumlah permintaan pelanggan yang lebih sedikit.
- Mereka membantu dalam merchandising produk: Ini sebenarnya merchandising oleh perantara yang mempercepat pergerakan produk dari meja toko ritel ke keranjang pelanggan. Ketika seorang pelanggan pergi ke toko ritel, dia mungkin terpesona oleh tampilan menarik dari beberapa produk baru, mungkin ingin tahu tentang produk baru itu, dan dia mungkin beralih ke produk baru itu meninggalkan produk regulernya. Dengan demikian kegiatan merchandising perantara berfungsi sebagai penjual yang tenang di toko ritel.
- Saluran membantu dalam melaksanakan mekanisme harga antara perusahaan dan pelanggan akhir: Perantara membantu dalam mencapai tingkat harga yang dapat diterima baik oleh produsen maupun konsumen.
- Saluran distribusi membantu dalam penyimpanan stok: Perantara melakukan berbagai fungsi lain seperti membiayai produk, menyimpan produk, menanggung risiko, dan menyediakan ruang gudang yang diperlukan.
Dengan demikian, saluran distribusi merupakan konstituen penting dari strategi pemasaran perusahaan yang komprehensif. Mereka membantu dalam memperluas jangkauan dan ketersediaan produk, serta meningkatkan pendapatan.